Halaman

Selasa, 08 Juni 2010

Kongres Pemuda se-ASEAN Digelar Hari Ini


foto: Rifa/okezone

JAKARTA - Sekira 150 pemuda dari berbagai negara Asia Tenggara yang terabung dalam Association of South East Asian Nation (ASEAN) berkumpul di Jakarta, hari ini (9/6/2010). Mereka adalah peserta Regional Youth Leaders Conference 2010: Discovering ASEAN Business Opportunity.

Tahun ini merupakan kali kedua perhelatan yang diselenggarakan Bina Nusantara (Binus) University ini. Pada acara pembukaan, Selasa, 8 Juni, kemarin, ketua pelaksana konferensi ini Lianti Rahardjo menyampaikan, para peserta diharapkan bisa saling mengenal dan berbagi pengalaman.

"Selain sekitarnya konferensi ini juga bertujuan menyebarkan pentingnya ASEAN. Selama ini kan kita hanya mendengar kuatnya China atau India, lewat acara ini kita tunjukkan bahwa ASEAN juga kuat di dunia,"ujar Lianti.

Tujuan tersebut sejalan dengan tema konferensi, Discovering ASEAN Opportunity. Dalam konferensi ini nantinya para peserta akan diajak memahami dan mengupas pasar ASEAN dengan segala tantangannya sebagai bekal mereka dalam melihat peluang di masa depan.

"Konferensi ini juga akan mempersiapkan para calon pemimpin masa depan dalam menyongsong ASEAN Economic Community 2015 dengan memampukan mereka memahami globalisai dan creative entrepeneurship," imbuh Lianti.

Salah seorang peserta dari Indonesia Samia Safa Nurrahmah mengikuti konferensi ini karena dia tertarik dengan bisnis dan entrepeneurship. "Selain itu, saya juga ingin memperluas jaringan dengan teman-teman dari negara lain," tutur mahasiswi jurusan Planalogi ITB ini.

Senada dengan Samia, peserta dari Cambodian Mekong University Chantrea Luy juga berharap dapat saling mengenal dan berbagi pengalaman dengan para peserta konferensi. "Saya juga ingin mencari kesempatan untuk pendidikan saya, karena di Kamboja semua sangat terbatas," papar Chantrea.

Di Kamboja, Chantrea mengambil jurusan Marketing. Dia merasa konferensi ini Sangat sesuai kebutuhannya untuk mengembangkan kemampuan dirinya. Chantrea yang sudah dua hari berada di Jakarta ini juga sempat mengikuti satu perkuliahan di Binus untuk mempelajari bagaimana proses belajar mengajar di Indonesia.

Para peserta konferensi diharapkan akan menyebarkan pengetahuan yang mereka dapatkan di konferensi yang akan digelar hingga Jumat, 11 Juni, mendatang ini. Mereka akan menambah wawasan dan pengalaman dengan berbagai seminar dan diskusi. Tak hanya itu, peserta konferensi juga akan menampilkan kesenian khas daerah mereka pada malam kebudayaan serta berwisata ke beberapa objek wisata di Jakarta. Di akhir acara, para peserta harus mendeklarasikan pernyataan bersama sebagai hasil konferensi ini. "Jadi kita tahu acara ini mau dibawa ke mana, apa yang mereka dapatkan, dan apa yang mereka harapkan," tutup Lianti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar