Halaman

Selasa, 08 Juni 2010

Awas Salah Pilih Taksi



F: Taksi di Johannesburg (daylife)
JOHANNESBURG – Transportasi memang menjadi masalah di Afrika Selatan. Bagi para calon penonton yang ingin datang langsung ke Afsel, harus banyak-banyak mendengar nasihat atau masukan dari orang sekitar.

Banyak larangan yang harus diperhatikan, seperti larangan keluar malam sendirian dan yang paling harus diperhatikan adalah tidak memilih sembarangan transportasi darat.

Opsi paling mudah adalah dengan menyewa mobil atau naik taksi. Untuk menyewa mobil jelas diperlukan dana yang cukup lebih atau bila ingin mengendarai sendiri, minimal kita memiliki Surat Izin Mengemudi Internasional. Lalu, opsi kedua adalah memilih taksi. Tapi, ternyata taksi di Afrika Selatan sangat berbeda dengan apa yang biasa kita lihat di Jakarta atau Indonesia.

Pernah tahu angkutan Mitshubisi L300 yang melayani rute Bogor-Sukabumi atau Bogor-Cianjur? Ya, taksi di Afsel mirip-mirip dengan angkutan massal di Jawa Barat tersebut. Yang lebih mengejutkan, taksi di sana mengangkut banyak orang dengan tujuan yang berbeda atau terserah sang sopir ingin menuju mana.

Warga Afrika Selatan memberikan masukan jika jangan pernah memilih taksi karena sangat rawan kejahatan. Masih sangat beruntung jika hanya diturunkan di tengah jalan atau berubah rute karena si pengemudi mendapat penumpang lain. Jika pengemudi menyadari penumpangnya adalah turis, mereka tidak segan untuk menodong dan mengambil barang berharga dari turis.

Untuk itu, jika memang terpaksa memilih taksi, jangan pernah sendirian, Minimal kita harus lebih dari dua orang. Lebih disarankan jika kita bersama penduduk asli. Atau kita bisa mencari alternatif lain yang lebih aman.
(Hanna Farhana/Koran SI/zwr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar