Halaman

Senin, 26 Oktober 2009

Sendiri Juga Bisa Kok!



3214pasang-tabung-sok-eka-(1).jpgPunya uang sedikit lebih nih buat dandani tampilan skubek kesayangan. He..he..he... Misalnya, mengganti tabung sok depan dengan peredam kejut variasi. Pastinya bikin skubek makin dilirik deh. Ayo kita pasang!

“Cara pasangnya mudah kok. Hanya memindahkan as sok dari tabung standar ke tabung baru,” ungkap Ergus, pemilik R-59 Racing di Jl. Dewi Sartika, No. 32, Ciputat, Tangerang, Banten.

Boleh ambil contoh, tabung sok merek Pico. Tabung sok model ini diminati karena punya tampilan layaknya upside down. Padahal prinsip kerjanya, tetap sistem teleskopik biasa. Okelah kalau begitu! Mulai pasang tabung soknya.

Oh ya! Kita coba pasang tabung di Honda BeAT atau Honda Vario ya. Pertama, lepaskan dulu baut roda depan dengan kunci 17 mm. Kelar mencopot roda, kini saatnya melepaskan baut sepatbor dari bagian dalam. Lepasnya, pakai kunci ring 10 mm. lanjut ke bagian sok. Kini longgarkan baut 14 mm yang melekat di segitiga bawah.3215pasang-tabung-sok-eka-(2).jpg

Sobat bisa kendurkan atau melepasnya sekaligus. Tapi hanya dengan mengendurkannya saja, sok pun bisa dilepas kok. Sok depan standar kini telah terlepas. Nah, saatnya kini memindahkan as sok.

Untuk memindahkan as sok ini, butuh peralatan khusus. Tapi jangan takut, kalau enggak ada, bisa dibuat atau pinjam ke bengkel kok,” ungkap Ergus yang juga jago dagang part racing selain balap.

Lanjut! Pertama, lepaskan penutup sok di as. Caranya tekan penutup itu ke dalam. Kemudian, lepaskan klip pengganjal penututup sok tadi dengan cara mencongkel pakai obeng pipih.

Setelah lepas, keluarkan per di dalam tabung. Begitu juga, buang oli sok yang ada. Nah, kali ini seperti yang dibilang Ergus. Butuh alat khusus untuk melepas suling sok.

Kini, siapkan kunci L ukuran 8. Lalu sobat sedikit minta bantuan ke tukang las nih. Iya, tujuannya untuk menyambung kunci L 8 itu pakai besi bulat 10 sepanjang 60 cm. "Sebenarnya enggak usah sampai 60 cm, tapi yang penting ukuran panjang besi melebihi panjang tabung sok dan as," bilang Ergus atau akrab dan mesra disapa Acen ini.

3216pasang-tabung-sok-eka-(3).jpgKelar minta pertolongan tukang las, lanjut ke tindakan bongkar as sok. Pakai kunci L ukuran 8 yang sudah disambung dengan besi panjang 60 mm tadi, tahan baut yang ada di dalam sok. Kemudian lanjutkan dengan membuka baut yang ada di bawah tabung sok dengan kunci L 8 juga.

Sudah deh, suling dan as sok kini telah terlepas. Lanjutkan dengan memasang ke tabung sok yang baru. Cara pasangnya, sama dengan cara membuka ya. Tapi jangan lupa! Sebelum memasang, bersihkan dulu oli yang tersisa di suling dan as sok pakai cairan macam bensin atau minyak tanah.

Oh ya! Mantapnya, sobat enggak perlu lagi memasang seal sok lagi nih. Sebab sok merek Pico ini telah dilengkapi dengan sil sok baru lho. Jadi, enggak direpotkan dong. Soal waktu pengerjaan pun jadi lebih cepat.

Kelar pasang suling dan as sok, jangan lupa untuk menuangkan oli sok ke dalam tabung lho. Wah, kalau lupa bisa ambles tuh. Untuk volume olinya, sesuaikan dengan kebutuhan. Misal buat harian atau balap. Kalau untuk harian, ya sesuai dengan rekomendasi pabrik lho. Untuk bebek atau skubek, sekitar 50 - 60 ml.

Tapi untuk keperluan balap, sedikit ditambahkan. Misal jadi 60-70 cc. Itu karena kerja sok butuh redaman maksimal saat terjadi pengereman keras. Sok pun jadi tak mudah amblas. Hal serupa juga berlaku untuk tabung sok yang satunya. Iya! Cara melepaskan dan memasangnya sama ketika sobat membuka satu sisi sok.

Semua telah dilakukan, finishing terakhir tinggal pasang sepatbor deh. Nah, untuk sok model Pico ini, dudukan sok dibuat ulang. Jadi, dudukan baut tak tertanam di tabung. Melainkan dudukan dikunci dengan baut dan mur.

Kelar deh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar