Halaman

Sabtu, 03 Oktober 2009

IBM Pesaing Baru Bisnis Webmail Google

BOSTON - IBM akan menantang Google dalam industri layanan corporate email. Hal ini sekaligus sebagai hentakan terhadap layanan webmail Google yang sering bermasalah belakangan ini.

Dilansir melalui Reuters, Jumat (2/10/2009), juru bicara IBM mengatakan bahwa mereka akan mulai menjajakan layanan LotusLive iNotes milik IBM pada pekan depan. Layanan email yang cukup 'ringan' ini akan dibandrol dengan tarif USD36 per pengguna per tahun. Harga ini dipercaya lebih murah 25 persen dibanding layanan yang sama milik Google.

Meskipun IBM tidak memiliki penawaran layanan yang cukup banyak dan lengkap seperti Google. Namun IBM percaya mereka mampu menarik sekian persen pengguna layanan webmail Google untuk pindah ke layanan mereka. Pasalnya, selain karena telah berpengalaman di industri teknologi internet, produk Lotus Notes IBM merupakan program email kedua terbesar yang banyak digunakan oleh para pengguna internet.

Sedangkan Google dianggap tidak terlalu serius untuk menggarap bisnis penyediaan email korporat ini karena terlalu sibuk menimbun pundi-pundi dari iklan internet dan produk pencarian gratisnya.

Sayangnya, selain Google, iNotes IBM juga mendapat saingan dari dunia luar, yaitu layanan email Microsoft yang dikenakan tarif USD120.

Belakangan, layanan email Google semakin bermasalah. Bahkan baru-baru terjadi, ribuan pengguna internet tidak bisa mengakses email mereka karena eror pada jaringan Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar