Halaman

Selasa, 19 Januari 2010

Wanadri Siap Taklukkan Tujuh Gunung Tertinggi



BANDUNG - Lima orang pendaki asal Bandung yang tergabung dalam kelompok pencinta alam Wanadri akan menaklukkan seven summit atau tujuh puncak gunung tertinggi di dunia.

Tujuh puncak gunung tersebut akan didaki dalam kurun waktu tiga tahun hingga 2012. Kelima orang tersebut adalah Ardesir Yaptedi, Nurhuda, Fazri Alutfi, Martin Ribawan, dan Iwan Irawan. Tahun ini, kelima orang tersebut akan mendaki puncak Carstenz (Maret–April), Kilimanjaro (Juli), dan Elbrus (Agustus– September). Adapun pada 2011 mereka akan mendaki Aconcaqua (November–Desember) dan Mekinley (April–Mei) serta pada tahun 2012 kelimanya akan mendaki Vinson Massif (Desember–Januari) dan Everest (April–Mei).

Kini, mereka sedang menjalani serangkaian persiapan fisik, skill hingga simulasi pendakian dengan ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut.

"Saat ini, mereka sedang menjalani serangkaian pelatihan fisik secara rutin," ungkap Ketua Bidang Logistik Wanadri Soni Takari di Bandung kemarin.
Menurut dia, persiapan fisik menjadi ketentuan mutlak pada tim pendakian yang baru pertama kali dilakukan Wanadri ini. Hal itu mengingat kondisi alam yang berbeda dengan gunung tropis yang biasa didaki di Indonesia yang hanya memiliki ketinggian sekitar 3.000 meter di atas permukaan laut. Sementara ketujuh gunung tersebut rata-rata memiliki ketinggian di atas 5.000 meter di atas permukaan laut.

"Berbagai kemungkinan telah kami persiapkan.Termasuk terjadinya cuaca ekstrem yang dapat mengganggu sistem saraf yang mengakibatkan pusing dan tidak mampu bergerak.Termasuk medan yang hanya dipenuhi hamparan es," ujar Soni.

Menurut salah seorang mantan pendaki Gunung Everest Suhartono, beberapa tantangan berat yang mungkin akan mereka hadapi adalah ketinggian yang berpengaruh terhadap kondisi cuaca ekstrem, hamparan es yang dapat membuat beku muka dan tangan, serta kadar oksigen yang semakin tipis ketika berada di puncak gunung.

"Di setiap ketinggian, pendaki harus melakukan adaptasi oksigen. Tingginya tekanan udara serta kurangnya kadar oksigen dapat mengakibatkan head stroke," kata Suhartono.

Rencananya, sesampainya di puncak, kelima anggota Wanadri ini akan mengibarkan bendera Merah Putih. Ketua Umum Wanadri Darmanto mengatakan, pendakian tujuh gunung ini merupakan upaya Wanadri menyejajarkan Indonesia dengan bangsa lain di dunia yang telah menaklukkan gunung-gunung tersebut.

"Selain itu, pendakian ini diharapkan bisa menjadi spirit bagi generasi muda bangsa Indonesia untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara ini walaupun berada di tengah kekurangan dan kelebihannya," ujar Darmanto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar